Selasa, 13 Januari 2009

cara belajar program

Untuk jadi programmer yang benar-benar jago dan profesional butuh minat dan bakat. Kalau cuma punya minat saja tanpa ada bakat yang mendukung, maka percuma saja dan lebih baik gali potensi diri yang lain. Logika harus jalan untuk membuat flow chart kerangka pemikiran suatu proses agar input bisa menjadi output yang diharapkan.

Kalau bingung belajar sendiri alias otodidak, maka salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan ikut kursus bahasa pemrograman di tempat kursus komputer seperti program kursus bsi, dan lain sebagainya. Kalau ikut kursus kan nantinya digembleng supaya bisa bikin program dari yang ringan sampai yang menengah dengan dukungan buku modul yang diberikan satu paket dengan kursusnya. Kalau mau lebih akademis lagi bisa ikut kuliah d3 atau s1 program studi / jurusan manajemen informatika.

Kalau sudah dapat dasar pelajarannya tinggal dicoba saja belajar sendiri membuat program-program yang sulit dengan contoh dari program open source. Kalau sudah gape banget maka tinggal cari orang yang punya ide software potensial untuk dijual atau cari ide sendiri mau buat software apa yang sedang dibutuhkan orang banyak. Bisa juga melamar pekerjaan di perusahaan IT, tetapi biasanya mereka butuh orang yang punya skill tinggi dan tidak sombong.

3 komentar:

  1. Saya pikir untuk jadi programmer "tidak harus kursus" terlebih dahulu. Justru, awali hari-hari sebagai programmer dengan "keahlian bahasa inggris". Ketika Anda menguasai bahasa inggris, Anda akan dengan mudah mempelajari berbagai teknik programming & scripting langsung dari manual-manual otentiknya. Saya mempelajari PHP, bahkan mulai dari "help" PHP yang saya download langsung dari www.php.net, dan hingga hari ini saya telah mampu memahami +/- 20.000 fungsi PHP.

    BalasHapus
  2. Saya mempelajari PHP, bahkan mulai dari "help" PHP yang saya download langsung dari www.php.net,? SAYA SUSAH TUH IBARAT ILMU TIDAK ADA GURU NYA ADUH MUMET N PENING

    BalasHapus